Personal Management

Manajemen diri ada yang menyebutnya sebagai "Self Manajement", pada dasarnya manajemen diri adalah pengendalian diri terhadap pikiran, ucapan, dan perbuatan yang dilakukan sehingga mendorong pada penghindaran diri terhadap hal-hal yang tidak baik dan peningkatan perbuatan yang baik dan benar.

Manajemen diri juga bisa mengarah pada konsistensi dan keselarasan pikiran, ucapan dan perbuatan selaras , sehingga apa yang dipikirkan sama dan sejalan dengan perbuatan. Timbullah apa yang dikenal sebagai "Integritas Pribadi".

Salah satu hal yang bisa dilatih adalah Konsentrasi. Konsentrasi adalah pemusatan diri terhadap suatu tujuan, suatu yang sederhana tapi tentunya tak mudah dilakukan. banyak tantangan dan godaan, sehingga aktivitas utama dari konsentrasi adalah Pemusatan.

Mengumpulkan menjadi satu membawa ke satu titik alias fokus yaitu Diri.
Elemen Diri :
  1. Panca Indera
  2. Intelegensia
  3. Emosi
  4. Skill
  5. Spiritual
Panca Indera adalah media kita berinteraksi dengan hal-hal diluar diri kita yaitu penciuman, perabaan, perasa lidah, penglihatan dan pendengaran.
Intelegensia adalah:
  • Daya Ingat (Memory)
  • Daya pikir (Problem Solving)
  • Daya hitung (Digital)
  • Daya imajinasi (Pencitraan Obyek)
  • Daya paham
 Emosi :
  • Library of Emotional
  • Control of Emotional
  • Managing of Emotional
Skill berkaitan dengan keterampilan yang kita miliki dalam mengoperasikan, menjalankan suatu alat guna mencapai tujuan.

Spiritual adalah kemampuan diri untuk memahami, mematuhi dan menjalankan sebuah konsep keyakinan dan ketuhanan.

Oleh karena itu konsentrasi atau fokus pada suatu tujuan sangat berkaitan dengan faktor entity and space.

Back to Managemen diri, kiranya dari uraian diatas bisa kita simpulkan perlunya proses panjang bukan proses sekali jadi, untuk membentuk kita menjadi profil manusia yang kita inginkan. MAAF ini cuma secara umum karena saya bukan Psikolog, sanggah pak Aryo a.k.a Catfiz Team dalam kuliah ini.

Disela perkuliahan berlangsung ada seorang Catfizer dari Surabaya yang bertanya pada Pak Aryo. 

Catfizer : Ada hubungannya tidak antara Manajemen Diri, pengambilan keputusan dan tanggung jawab?

Pak Aryo : Ada dong, Manusia dengan pribadi yang kuat akan cocok diposisikan sebagai decision maker, karena pengambilan keputusan haruslah dilakukan dengan proses berpikir yang penuh wawasan dan kematangan emosional serta model kepemimpinan.

Catfizer : Harusnya gitu ya pak tapi kadang, seorang pemimpin kebingungan mana yang harus di dahulukan antara penting dan genting dan malah kadang itu membuat kecewa anggotanya.

Pak Aryo : Yah, nasib anak buah karena idealnya pemimpin naik dari seleksi yang sempurna, namun inilah dunia tak ada yang sempurna.

Kemudian disela tanya jawab ini seorang catfizer dari Jogja pun mengajukan pertanyaan.

Catfizer : Sejauh mana sih lingkungan membentuk keperibadian seseorang pak?

Pak Aryo : Lingkungan penting tapi ketika beranjak dewasa saatnya kita memilih mau menjadi profil manusia seperti apa. Istilahnya ada saat dimana kita mesti melakukan analisa "SWOT atau Strength - Kekuatan, Weakness - kelemahan, Opportunites - Peluang dan Threat - Ancaman" buat diri sendiri. 

Saat kita tak melakukannya maka bisa jadi kita dipaksa melakukan saat kita bekerja, misal pas ada training atau pelatihan, disinilah kita terbentuk. lingkungan membentuk kita, lanjut pak Aryo.

Yang ada pada diri kita lakukan SWOT pribadi dan kenali diri kita, karena tanpa kita sadari sering kita terbentuk lingkungan yang belum tentu pas dengan pribadi dan filosofi spiritual yang kita anut.

Ok terima kasih semua, semoga ini menjadi awal kembalinya Kuliah Catfiz.
Selamat Malam Catfizer, tetap setia bersama Catfiz agar semakin tahu manfaatnya.

PEMBICARA : ARYO NUGROHO(CATFIZ TEAM)
Reaksi:

2 comments:

  1. Mantap, makasih pak Aryo atas Kuliahnya, sangat menginspirasikan bangeet, di rutinitaskan yah pak

    Makasih juga untuk yang nulis blog, jangan bosen-bosen yah infokan catfiz ke kita-kita... moga apa yg dikerjakan menjadi pahala. Amin

    dan Makasih juga Buat catfiz yang menjadi wadah kita dalam belajar dan berkarya, sukses terus Catfiz...

    ReplyDelete
  2. hide emotion ada berapa ya?

    ReplyDelete