Pemanfaatan IT dalam sektor publik

Selamat malam Indonesia
Selamat malam catfizer Indonesia
Malam ini kita bahas tentang pemanfaatan IT buat sektor publik

Sektor public kadang juga dikenal sebagai pemerintahan walaupun sebenarnya tidak terbatas diwilayah itu, tujuan dari topic ini agar kita bisa berimajinasi lalu berkreasi diruang public, sudah jamak kita ketahui bahwa dengan adanya IT bisa membuat sebuah layanan jadi lebih efisien dan transparan.
IT dulu awalnya dikenal dengan pemanfaatan komputer buat menggeser mesin ketik, masih ingat dalam pikiran saat tahun 1990-an bertandang disebuah instansi pemerintah yang begitu masuk, Nampak deretan meja yang isinya mesin ketik melulu, lalu bergeser ke penggunaan komputer yang diawali buat ngetik, kemudian bergeser kepembuatan beberapa aplikasi, penunjang sistem pekerjaan.,

Nah malam ini kita bahas tentang aplikasinya, sesuai dengan peserta kuliah catfiz yang dari latar belakang yang beragam, ada yang masih SMP, ada yang masih SMA, ada yang masih kuliah, dan ada juga yang sudah bekerja, dengan berbagai latar belakang pendidikan, kita lihat dari apa yang ada didalam komputer mereka.

Sebuah komputer untuk dapat dioperasikan perlu sebuah sistem, yang namanya sistem operasi (itu dalam bahasa teknisnya) yang pada umumnya menggunakan sistem operasi Win*ows, selanjutnya kita sebut sebagai jendela.

Tahukah catfizer semua bahwa “jendela” adalah sistem operasi berbayar alias properietari?nah kalau sudah pakai “jendela”, biasanya kita pake office application yang mestinya juga berbayar, kalau tidak berbayar berarti BAJAKAN. Kalau Cuma bayar 20000-100000 buat install artinya BAJAKAN juga.

Suatu hari kami pernah menghitung, kebutuhan dana untuk pembelian lisensi, sebuah kota yang merupakan ibukota propinsi dengan kurang lebih ada 600 komputer disana dan kami hitung setidaknya perlu 6.000.000.000 alias 6M dan biaya itu setidaknya akan keluar tiap 3 tahun, bayangkan andai biaya itu buat pendidikan, kesehatan, bantuan sosial dll.

Lalu adakah solusinya??? ADA
Gunakan free Open Source Software, bebas biaya, bebas lisensi.
Sebagai contoh, sistem operasinya bisa pakai Ubuntu, Blank ON, Linux Mint, Mandriva, PC Linux, atau banyak lagi deh, Office application bisa pakai Libre Office atau Open Office, pengganti Photoshop ada namanya GIMP, susah??? Yang penting ada kemauan pasti bisa, bukti??? Digadget kita semua pake gadget Android yang open source, terbukti bisakan, dan kemajuannya pesat.

Nah bayangkan kalo dikomputer kita lakukan gerakan yang sama, sebagaimana yang kita ketahui seluruh anggaran pengadaan komputer diinstansi pemerintah digunakan APBN atau APBD artinya bisa dari pajak, artinya uang rakyat, artinya uang kita.
Ayo kita dorong bareng deh, supaya gunakan software yang legal, dan bebas biaya lisensi kaya’ android ini perkembangannya bisa pesat karena semua orang bisa ikut bikin aplikasinya, pembuat aplikasi tidak perlu takut bayar lisensi.

Untuk warga Indonesia ketahui tanggal 31 Desember 2011 adalah batas waktu seluruh instansi pemerintah di Indonesia gunakan software legal atau open source, artinya gak boleh bajakan lagi, suratnya dari kementrian PAN sejak tahun 2009

Ingat, 31 Desember 2011 tinggal beberapa hari lagi kan?
Pilihannya hanya ada 2 yaitu, beli lisensi (Biaya Tinggi) atau gunakan Open Source, nah sebagai warga masyarakat , kita boleh dong bersuara dengan mengingatkan, ayo gunakan open source, kurangi ketergantungan dan penjajahan gaya baru.
Akan lebih cerdas alias smart jika hp nya smartphone pilih android, komputernya gunakan sistem operasi opensource. Kantor kami gak pake “jendela” juga aman dan nyaman.

Semoga tuliusan ini menjadi pencerahan tentang memilih software dikomputer secara cerdas alias smart. Pengguna smartphone dengan smartaplication dan smartkomputer.
Demikian samapai sampai disini dulu, selamat malam sermoga ini bisa menjadi inspirasi unuk membangun Indonesia lebih efisien dalam penggunaan teknologi. Kalau ada yang free kan uangnya bisa dipakai buat yang lain.

Selamat malam catfizer, selamat mencoba gunakan opensource dan berkreasi disana.

Pembicara : CATFIZ TEAM (ARYO NUGROHO) NIC : 859F4F38F3
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment